Rabu, 21 September 2011

Sejarah Situs Jejaring Sosial

Awal kata dari situs jejaring sosial adalah pada tahun 1985 yaitu dengan munculnya komunitas online yang disebut The WELL (Whole Earth 'Lectronik Link). Anggota yang terdaftar dapat saling berinteraksi melalui forum, e-mail, shell account, dan halaman web pribadi. Hingga saat ini, The WELL, masih dapat diakses di http://www.well.com. Setelah The WELL, beberapa situs TheGlobe.com, Geocities, dan TriPod.com muncul pada tahun 1994. Layanan jejaring sosial ini memfokuskan untuk dapat membawa para anggotanya saling berinteraksi melalui chat rooms dan berbagi informasi atau ide pribadi, sesuai dengan topik yang diminati. Informasi atau ide-ide tersebut dapat dicetuskan melalui website personal yang menjadi cikal bakal fenomena blog sepuluh tahun kemudian.

Antara tahun 2002 hingga 2004, ada tiga situs jejaring yang cukup populer, yaitu friendster.com di tahun 2002 (yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003), MySpace dan Linkedln. Tahun 2004, Facebook mulai dikembangkan dan 5 tahun kemudian menjadi sangat populer mengalahkan pesaing-pesaing situs jejaring sosial yang lain. Bahkan baru-baru ini, Friendster melakukan modifikasi interface-nya dengan mengambil beberapa fitur yang menyerupai facebook.

MENURUT OPEN -LETTER yang dilayangkan oleh founder dari Facebook, Mark Zuckerberg, setidaknya ada 350 juta pengguna facebook hingga bulan Desember 2009. (skarang kira-kira udah berapa yah ??? )


Sumber : Windra Swastika (Majalah PC Media)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar